26 Maret 2013

Objek Wisata Di Tomohon


Perjalanan Manado ke Tomohon bisa ditempuh hanya 45 menit. Jarak tempuh yang relatif dekat ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata. Secara geografis, Tomohon dikelilingi oleh gunung dan perbukitan. Hawa sejuk serta alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.




Bukit Doa Mahawu
Lokasi objek wisata religius ini tak terlalu sulit untuk dikunjungi. Carilah jalan lingkar Timur dahulu di Kakaskasen, Tomohon Utara. Kompleks Bukit Doa Mahawu memilik dua pintu masuk di sebelah Utara dan Selatan yang setiap saat dijaga oleh petugas security.
Pintu masuk Selatan diperuntukkan bagi mereka yang ingin ibadah Jalan Salib. Jalan Salib ini tembus ke Taman Pieta, Gua Maria kemudian sesampainya di atas, anda bisa mengunjungi Amphiteater, Wedding Chapel atau istirahat sejenak minum kopi atau pesan pisgor, dll di Cafe Mahawu.

Jika anda berada di belakang Chapel Mahawu, anda akan melihat indahnya pemandangan Gunung Lokon, kota Tomohon bahkan sejauh mata memandang anda bisa melihat pantai Amurang, Agrowisata Modoinding serta Gunung Soputan yang sering mengeluakan debu vulkanik seerti Gunung Lokon.

Fasilitas Bukit Doa Mahawu, selain sebagai tempat peziarah umat kristiani, juga menyediakan penginapan Alamanda yang bisa dipakai untuk retreat, seminar, raker, outing dll. Penginapan Alamanda memiliki kamar tipe Superior (1 unit rumah untuk 4 orang, dan dilengkapi ruang tamu), Deluxe (1 unit rumah dua kamar terpisah bisa memuat per kamar 3 hingga 5 orang) dan Standard (2 unit, berkapasitas setiap unit 4 kamar yang setiap kamar tersedia 8 bed).
 

Danau Linow
Danau ini danau berwarna karena pengaruh sulfur yang membuat warna air menjadi tosca, hijau, biru dan putih. Di pinggir danau anda bisa duduk  dan pesan kopi di cafe yang tersedia sambil menikmati hidangan itu, bisa melihat itik-itik liar yang kadang terbang melintasi permukaan danau secara bergerombolan.

Danau ini berada di Lahendong,Tomohon. Tak sedikit turis datang ke danau ini untuk menikmati indahnya danau Linow,

Objek Wisata lain yang kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah Pabrik Rumah Panggung Minahasa di Woloan, Waruga di Woloan, Rumah Tua Peninggalan Jaman Belanda Kaaten. Selain itu, wisatawan suka uji nyali pergi ke pasar tradisional yang menjual aneka macam binatang ekstrim.


Trekking ke puncak Gunung Mahawu kini ramai dikunjungi karena dari area parkir hingga ke puncaknya hanya ditempuh 10 menit di anak tangga yang sudah disemen. Di puncaknya sudah dibuat gardu pandang yang bisa melihat langsung kawah mahawu dan lubang kawah Tompaluan Gunung Lokon.